Meningkatkan Kemampuan Menulis Tangan – Bagian 2

postur-dapat-mempengaruhi-kesehatan-standardpen-indonesia
Bagaimana Postur Menulis dapat Mempengaruhi Kesehatan Tubuh?
27/01/2018
alasan-tinta-kering-saat-terbuka-standardpen-indonesia
Bolpoin Cepat Kering Saat Dibiarkan Terbuka, Ini Penjelasannya!
29/01/2018

Meningkatkan Kemampuan Menulis Tangan – Bagian 2

meningkatkan-kemampuan-tulisan-tangan-standardpen-indonesia

Tahukah Anda mengapa kemampuan menulis tangan Anda perlu ditingkatkan setiap saat?

Menulis merupakan perpaduan dari cara berpikir, melakukan pengamatan dan introspeksi. Jika dikaji lebih jauh menulis adalah gabungan dari aktivitas motorik sekaligus mengasah intelegensi. Baik itu menulis menggunakan tangan maupun menulis dengan bantuan komputer.

Menuliskan sesuatu yang bermakna membutuhkan pemikiran agar ide sampai pada pembaca. Bahkan menulis tangan pun butuh ketelatenan dan latihan agar tulisannya bisa terbaca. Menulis dengan tangan perlu dilatih agar bisa menulis dengan cepat dengan tulisan yang baik dan mudah dibaca. Hal ini terutama dianjurkan bagi para pelajar dan profesional yang pekerjaannya berkaitan dengan menulis seperti jurnalis, blogger, dan awak media cetak.

Mengapa perlu berlatih menulis cepat? Berikut ini adalah alasan yang tepat.

  • Memaksimalkan kemampuan otak. Otak dipicu untuk berpikir lebih cepat sehingga membantu meningkatkan kecerdasan.
  • Mengembangkan respon otak pada refleks berpikir. Sama halnya dengan melatih otak agar mampu refleks berpikir.
  • Membantu merangsang kerja otak untuk menyelesaikan ide dan kerangka karangan.
  • Melatih tangan untuk kegiatan positif. Ada sebagian orang yang punya kebiasaan buruk ketika waktu senggang atau saat sedang serius mendengarkan informasi penting, seperti menggigit ujung bolpoin. Untuk mengalihkan perhatian agar tidak terbiasa menggigit tutup bolpoin ada baiknya menyibukkan tangan dengan melatihnya menulis cepat.
  • Membuka peluang menekuni bidang lain. Menulis indah, kaligrafi bisa terlatih dengan cara melatih tangan dengan cara menulis cepat.

Baca Juga: Cegah dan Hentikan Kebiasaan Menggigit Tutup Bolpoin dengan Cara-Cara Ini

Dari berbagai alasan diatas, Anda bisa menyimpulkan bahwa menulis tangan dapat memberikan hal-hal positif bagi pelakunya. Gaya menulis satu orang dengan lainnya mungkin berbeda. Tetapi kita bisa meningkatkan kemampuan menulis tangan dengan 4 cara berikut ini.

Latihan Menulis Cepat 60 Kata Dalam Satu Menit

Bacalah suatu berita, pilih kalimat atau kata yang disuka dalam artikel tersebut. Ingat-ingat dan tuliskan kembali kata-kata tersebut dalam satu menit. Tak hanya melatih ketajaman otak, cara ini juga melatih kemampuan tangan menulis cepat.

Menulis Sesuatu Yang Inspiratif

Latihlah tangan menulis cepat dan bukan asal menulis, tetapi sesuatu yang inspiratif. Metode ini sekaligus berguna mengasah kepedulian terhadap nilai estetika.

Tingkatkan Kecepatan Menulis

Setelah berhasil menyelesaikan latihan pertama, yaitu menulis 60 kata dalam satu menit, cobalah untuk meningkatkan kecepatan tangan dalam menulis secara bertahap tambahkan target berlebih satu dua kata setiap sesi latihan, misalnya menjadi 62 kata dalam satu menit. Latihan berikutnya 65 kata dalam satu menit dan seterusnya. Tentunya akan lebih nyaman jika menulis cepat dengan menggunakan Standard Pen, yang tintanya mengalir tanpa macet.

Latihan Menulis Dengan Memindahkan Bahasa Lisan Ke Dalam Tulisan

Dengarkan sebuah lagu atau ceramah atau tutorial dari Youtube dan media lainnya. Latihlah tangan menuliskan apa yang anda dengar. Tak perlu ragu untuk mengulang-ulang rekaman tersebut agar kita benar-benar bisa menuliskan dengan tepat informasi yang kita dengar. Dengan menggunakan media pendengaran, Anda bisa meningkatkan responsivitas dan refleks anda.

Baca Juga5 Cara Efektif Untuk Melatih Kecepatan Menulis Tangan

Pada akhirnya, tanpa adanya alat yang mendukung, tentunya kemampuan menulis Anda akan sulit untuk berkembang. Oleh sebab itu, gunakan bolpoin dari Standardpen Indonesia yang bisa langsung Anda dapatkan di sini!

preloader