Mengenal Tinta Bolpoin dan Jenis-Jenisnya

latihan-menulis-tangan-lebih-cepat-standardpen-indonesia
5 Cara Efektif Untuk Melatih Kecepatan Menulis Tangan
05/10/2018
mencegah-tinta-bolpoin-bocor-standardpen-indonesia
Penyebab Tinta Bolpoin Bocor dan Cara Mencegahnya
12/10/2018

Mengenal Tinta Bolpoin dan Jenis-Jenisnya

mengenal-tinta-bolpoin-standardpen-indonesia

Sebagai pengguna bolpoin di keseharian, tentu Anda perlu mengetahui tentang berbagai tipe dan jenis tinta bolpoin dan apa saja kegunaannya.

Bolpoin merupakan alat tulis yang bekerja menggunakan tinta. Tinta adalah bahan berwarna yang mengandung zat berupa pigmen khusus sehingga menimbulkan warna ketika ditulis atau digoreskan di suatu permukaan dan media tertentu. Tinta digunakan sebagai isian pena dan bolpoin yang digunakan untuk menulis dan menggambar.

Pada dasarnya, tinta adalah media yang sangat kompleks. Tinta berisi larutan pelarut, pigmen, resin, celupan, pelumas, resin dan senyawa pembentuk ion-ion polimer polar dengan resin tahan air. Tinta juga berisi surfaktan yang berfungsi sebagai unsur basah dan mampu menurunkan tekanan permukaan dari sebuah cairan sehingga dapat menyebar dengan mudah. Surfaktan juga berfungsi menurunkan tekanan antar permukaan di antara dua cairan.

Baca Juga: Temui John Loud, Pencipta Ballpoint Pen Pertama di Dunia

Tinta benar-benar campuran yang kompleks. Di dalam tinta terdapat material partikuler dan pemijar. Setiap komponen tinta memiliki fungsi masing-masing. Ada yang berfungsi sebagai pemberi warna  (unsur pigmen), ada yang berfungsi menaga tekanan permukaan (surfaktan) ada pula bahan-bahan tambahan yang berfungsi mengatur ketebalan, aliran dan kondisi tinta ketika telah kering.

Sejarah Tinta dan Kandungan Kimianya

Tinta pada awalnya ditemukan sekitar 5.000 tahun lalu. Penemuan pertama tentang tinta terjadi ketia ditemukan bekas gambar dan tulisan yang terpahat di batu di sebuah wilayah di China. Tinta temuan ini berupa campuran dari jelaga asap kayu cemara, gelatin dari kulit binatang, lampu minyak dan darah yang dibekukan.

Berikutnya ditemukan pula tinta di India yang disebut masi dan berupa campuran dari beberapa komponen kimia. Dokumen India yang menggunakan tinta ditemukan di Turkistan. Beberapa naskah religi India kuno ditulis dengan tinta yang terbuat dari pembakaran tulang, pitch, aspal dan substansi lainnya.

Pada masa Romawi kuno ditemukan bahwa tinta yang digunakan selama beberapa abad terbuat dari campuran garam besi, tannin dari galnut pepohonan dan sebuah penebal. Uniknya ketika dicelupkan di kertas, tinta ini akan berwarna hitam kebiruan dan lambat laun akan berubah warna menjadi cokelat muda.

Kini tinta dikenal dalam bentuk modern, seperti pembuatan bolpoin Standard yang dibuat dengan peralatan yang canggih. Meski tinta dalam bentuk cair masih bisa ditemui, namun kebanyakan tinta sudah disiapkan sebagai pengisi bolpoin. Kita tak perlu lagi mengisi ulang tinta bolpoin namun tinggal membeli refillnya saja. Tinta juga digunakan sebagai pengisi printer.

Tipe-tipe Tinta Bolpoin

Dilihat dari bentuknya tinta terbagi menjadi empat macam, yakni:

1.      Tinta aqueous, berupa bentuk cairan.

2.      Tinta likuid, cairan yang lebih kental.

3.      Tinta pasta, berupa seperti pasta.

4.      Tinta powder, berupa bubuk.

Dilihat dari sifatnya tinta terbagi menjadi:

1.      Tinta berpigmen, bersifat lebih permanen sehingga tinta tidak mudah terhapus.

2.      Tinta berbasis celupan, menghasilkan lebih banyak warna bolpoin sehingga ada bolpoin tinta warna biru, merah, hijau.

Tinta yang dimiliki oleh bolpoin Standard pun mengalami perkembangan yang mutakhir dari masa ke masa. Selain lebih aman, tinta Standard Pen juga telah dibuat sedemikian rupa dengan teknologi termutakhir untuk menjamin kenyamanan saat menulis dan mencegah macet saat penulisan, sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman menulis terbaik dengan Standard Pen!

Baca Juga: Jenis-Jenis Bolpoin yang Wajib Dimiliki Bagi yang Hobi Gambar

Ingin melihat artikel informatif dan edukatif lainnya dari Standardpen Indonesia? Klik di sini!

preloader