Memilih Pensil Warna yang Bagus untuk Mewarnai

jenis-kelebihan-kekurangan-pen-standardpen-indonesia
Jenis-Jenis Pulpen dengan Kelebihan dan Kekurangannya
03/12/2018

Memilih Pensil Warna yang Bagus untuk Mewarnai

cara-memilih-pensil-warna-yang-tepat-standardpen-indonesia

Sama halnya seperti memilih alat tulis lainnya, memilih pensil warna bukanlah hal yang begitu mudah.

Pensil warna merupakan salah satu alat mewarnai yang paling banyak digunakan. Tak hanya mudah untuk digunakan, pensil warna yang digunakan dengan tepat dapat menghasilkan hasil karya yang luar biasa. Namun, untuk mendapatkan hasil karya yang bagus, tentu harus didukung dengan alat yang bagus pula.

Hal tersebut juga berlaku bagi penggunaan pensil warna. Sebelum membeli pensil warna, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda pertimbangkan. Tak hanya kualitas yang bagus, namun ada hal-hal lain yang patut Anda perhatikan seperti kenyamanan saat menggunakan pensil warna tersebut. Ada banyak sekali merek pensil warna di pasaran yang juga memiliki banyak variasi dan bentuk.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pulpen dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Apa saja hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli pensil warna?

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli pensil warna adalah jenisnya. Jenis umum dari pensil warna adalah pensil warna klasik, water colour, pastel, dan lain sebagainya.

Jenis

Pensil warna klasik adalah pensil warna biasa yang hanya perlu di gores-goreskan pada gambar di kertas. Ini adalah pensil warna yang paling sering ditemukan di berbagai toko alat tulis dan umum digunakan. Penggunaan pensil ini terbilang paling mudah dan umum, sehingga jenis paling ini paling banyak di gunakan oleh segala kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

Sesuai dengan namanya, pensil warna water colour adalah pensil warna yang akan membutuhkan air dan kuas, dan pensil warna tersebut berperan layaknya cat air yang bisa digunakan langsung pada kertas. Pemberian air ini ditambahkan setelah gambar terisi warna secara penuh. Lalu pada bagian atasnya disapukan kuas yang telah basah oleh sedikit air.

Hasil warna dari cat air ini akan mirip seperti Anda menggunakan cat air sungguhan. Jenis pensil warna ini digunakan untuk pelukis dengan teknik aquarelle. Ini adalah teknik dengan memberikan sapuan warna yang tipis menggunakan kuas.

Jenis lainnya yang bisa Anda temukan adalah pensil warna pastel. Jenis pensil warna ini mirip dengan pensil warna biasa, namun lebih khusus digunakan untuk memberikan detail pada gambar pastel.

Untuk jenis pensil warna lain tidak terlalu sering digunakan, seperti pensil warna dari kapur dan pensil warna yang bisa digunakan untuk mewarnai di atas kaca. Dua jenis pensil barang ini bisa ditemukan di toko perlengkapan seni atau toko khusus lainnya.

Merek

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat hendak memilih pensil warna untuk kebutuhan Anda tentunya adalah merek dari pensil warna tersebut. Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa tentunya merek yang sudah dikenal secara luas dan dalam waktu yang lama dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Jadi, jangan sampai terbuai oleh harga murah yang ditawarkan, namun penting juga bagi Anda untuk memperhatikan merek dari pensil warna yang hendak Anda beli.

Pensil warna berkualitas baik pada umumnya memiliki pigmen warna yang tajam dan diproduksi dari lapisan sebuah pasta sejenis lilin. Ketika digunakan untuk membuat arsiran atau coretan, akan terasa lembut tidak kasar. Selain itu, pensil warna berkualitas mampu menciptakan warna-warna gradasi yang lebih mudah dikontrol namun tidak warna karena mudah dikontrol.

Salah satu merek pensil warna yang bagus adalah Standard. Pensil warna Pascola Happy Color dari Standard Pen yang merupakan pensil warna dengan 12, 24, 36, dan 48 jenis warna. Pensil ini akan memberikan warna yang cerah dan kaya akan pigmen, dilengkapi dengan isi pensil yang lembut sehingga sangat nyaman untuk disapukan pada gambar serta kokoh dan tidak mudah patah.

Baca Juga: Manfaat Mewarnai Bagi Perkembangan Otak Anak-anak

Ingin mendapatkan artikel informatif lainnya dari Standardpen Indonesia? Klik di sini!

preloader