Macam-macam Alat Mewarnai Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

masalah-umum-pada-bolpoin-standardpen-indonesia
Masalah yang Umum Terjadi pada Bolpoin
14/11/2018
arti-dari-kode-pensil-standardpen-indonesia
Apa Sih Arti dari Kode Pensil HB, B, 2B dan Seterusnya?
26/11/2018

Macam-macam Alat Mewarnai Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Sama seperti alat tulis pada umumnya, alat mewarnai memiliki begitu banyak jenis dengan kegunaan yang beragam. Setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Alat mewarnai bukan sekedar pensil warna atau crayon karena ada beberapa jenis alat mewarnai lainnya. Ketahui macam-macam alat mewarnai di bawah ini.

Crayon

Crayon terbuat dari campuran minyak, lilin, dan kapur. Dengan perpaduan seperti ini membuat crayon sifatnya keras dan bentuknya tebal. Sehingga untuk  mewarnai warnanya sangat mencolok, dan ada rasa seperti Anda memegang lilin pada umumnya. Kelebihan dari crayon adalah warnanya cerah,  mudah digunakan, dan bisa mewarnai area yang lebih luas. Namun kekurangannya adalah sulit sekali digunakan untuk mewarnai gambar yang kecil dan kadang membuat warnanya keluar jalur.

Baca Juga: Bolpoin Cepat Kering Saat Dibiarkan Terbuka, Ini Penjelasannya!

Pensil Warna

Alat mewarnai ini paling standar dan kebanyakan digunakan oleh anak-anak untuk mewarnai di sekolah. Terbuat dari campuran berbagai bahan seperti wax, carboxymethyl cellulose, kaolin, dan lain sebagainya. Kelebihan pensil warna adalah ujungnya kecil sehingga mudah digunakan, apalagi pada gambar yang detail dan kecil. Sedangkan untuk mewarnai area yang besar butuh kesabaran.

Cat Air

Terbuat dari serbuk warna berpigmen halus yang dicampurkan dengan madu atau gum arabic agar kental. Kelebihan dari cat air adalah warnanya cerah dan mudah digunakan pada gambar sederhana. Kekurangannya adalah Anda butuh keahlian apabila menggunakan cat air untuk melukis di atas kanvas.

Spidol

Ujung dari spidol teksturnya lunak karena terbuat dari bahan mirip busa. Kegunaan ujungnya tersebut adalah untuk menyimpan tinta yang dapat menguap apabila terkena udara. Kelebihan alat mewarnai ini adalah warnanya cerah, sedangkan kekurangannya lumayan boros apalagi untuk mewarnai gambar yang besar, dan warnanya sering terlalu keluar (blobor).

Oil Pastel

Secara sekilas oil pastel mirip dengan crayon. Bahan pembuatannya pun dari lilin tapi ditambah dengan minyak. Kebanyakan oil pastel berbahan keras sehingga lebih cocok digunakan oleh remaja atau dewasa dibandingkan anak-anak. Salah satu bahayanya adalah jika oil pastel menempel pada tangan maka jika terkena mulut anak-anak bisa menyebabkan beberapa masalah. Oleh karena itu jika menggambar menggunakan oil pastel lebih baik gunakan sarung tangan dulu.

Namun untungnya tidak semua oil pastel seperti itu, contohnya oil pastel Pascola dari brand Standard.

Oil pastel dari Standard ini aman untuk anak-anak karena tidak ada kandungan zat yang berbahaya.  Semua kandungannya telah diuji oleh Balai Besar Kimia dan Kemasan dari Departemen Perindustrian. Untuk bahan pewarnanya saja menggunakan pewarna makanan, misalnya yang digunakan pada pembuatan sirup. Apabila oil pastel ini terkena tangan anak lalu tidak cuci tangan, dan memegang makanan maka masih akan aman. Selain itu, jika terkena pakaian mudah dicuci dan dibersihkan.

Selain oil pastel, Standard pun memiliki produk pensil warna dengan kualitas terbaik. Pensil warnanya pun punya warna yang beragam kemudian bahannya kuat, dan hasil warnanya yang sangat bagus.

Baca Juga: Manfaat Mewarnai bagi Orang Dewasa

Ingin membaca artikel edukatif dan informatif lainnya dari Standardpen Indonesia? Klik di sini!

preloader