Cegah dan Hentikan Kebiasaan Menggigit Tutup Bolpoin dengan Cara-Cara Ini

tulisan-tangan-menggambarkan-kepribadian-standardpen-indonesia
Ketahui Kepribadian Diri Anda dari Jenis Tulisan Tangan
28/09/2018
menulis-tangan-lebih-cerdas-standardpen-indonesia
Menulis Dengan Tangan Bisa Membuat Lebih Cerdas, Ini Alasannya!
03/10/2018

Cegah dan Hentikan Kebiasaan Menggigit Tutup Bolpoin dengan Cara-Cara Ini

kebiasaan-menggigit-bolpoin-standardpen-indonesia

Jika Anda memiliki kebiasaan menggigit tutup bolpoin ditengah kesibukan, baca artikel ini untuk mengetahui cara mencegah dan berhenti melakukannya.

Seperti halnya kebiasaan menggigit kuku, kebiasaan menggigit tutup bolpoin juga tidak baik bagi kesehatan dan tidak enak dilihat. Bakteri dan jamur akan mudah merasuk ke rongga mulut dengan kebiasan buruk ini.

Kebiasaan menggigit tutup bolpoin ini biasanya disebabkan karena seseorang yang sedang memegang bolpoin berada dalam kondisi tertekan atau jenuh secara psikologis, stress atau sedang ingin konsentrasi penuh. Jika dibiasakan, penyakit bisa dengan mudah bermunculan dimana kuman, bakteri dan jamur akan mudah memasuki tubuh. Berbagai penyakit pun berdatangan, dari yang ringan seperti flu hingga penyakit gangguan pencernaan.

Kebiasaan menggigit tutup bolpoin ini sebagian besar terjadi pada anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Tetapi, seringkali berlanjut hingga usia remaja bahkan dewasa. Tak hanya berbahaya, dlihat dan ditinjau secara estetika perilaku menggigit tutup bolpoin yang kemudian menjadi kebiasaan juga kurang bagus. Tutup bolpoin juga pasti lebih cepat rusak, ditambah lagi ada bekas gigitan yang membuat lubang dan tampak jorok. Intinya, kebiasaan menggigit tutup bolpoin sepatutnya segera diakhiri.

Baca Juga: Mengapa Bolpoin Standard Terbaik Untuk Kebutuhan Menulis?

Alasan orang punya kebiasaan menggigit tutup bolpoin mungkin berbeda-beda. Ada yang secara tidak sadar menggigit bolpoin karena bosan, tertekan atau iseng sambil menunggu waktu. Tetapi kebiasaan ini bisa dicegah atau setidaknya diakhiri secara bertahap. Berikut adalah cara mencegah dan menghentikan kebiasaan menggigit tutup bolpoin.

Menggunakan Tipe Bolpoin Pegas

Ada baiknya mencoba menggunakan tipe bolpoin yang model pegas. Model bolpoin Standard R3 bisa dijadikan acuan. Modelnya unik, lebih praktis karena bisa dilekatkan ke saku dengan pin penjepit. Kemungkinan menggigit tutup bolpoin pun berkurang karena bagian pangkal bolpoin model pegas begini biasanya terbuat dari logam diameter kecil dan tidak menarik untuk digigigit.

Berfokus Untuk Berhenti

Kebiasaan menggigit tutup bolpoin itu muncul karena desakan psikologis sama halnya dengan kebiasaan kurang baik lainnya seperti kebiasan berkata kasar, merokok atau latah. Maka untuk menghentikan kebiasaan tersebut harus ada dorongan kuat dari diri sendiri untuk mengakhiri. Sebisa mungkin ingat bahwa Anda sedang berusaha untuk tidak menggigit bolpoin. Dengan cara ini, Anda akan terbiasa untuk merasa aneh sendiri saat hendak menggigit tutup bolpoin.

Mengidentifikasi Masalah

Kebiasaan menggigit tutup bolpoin muncul karena alasan mengalihkan perhatian dari yang sedang dialami. Jika alasan kebiasaan anak-anak menggigit tutup bolpoin adalah karena tidak fokus, maka Anda sebagai orang tua sepatutnya membantu anak menghentikan kebiasaan buruknya dengan mengidentifikasi masalah untuk kemudian mencari solusi. Jika anak-anak merasa stress pada satu mata pelajaran, tumbuhkan keyakinan bahwa mereka bisa mengatasinya dan jangan membebani anak-anak dengan standar perolehan nilai tertentu. Latih terus agar si anak semakin terbiasa untuk tidak menggigit dan akhirnya tanpa disadari tidak akan menggigit tutup bolpoin lagi.

Mengalihkan Perhatian

Ketika godaan menggigit tutup bolpoin mulai muncul segera alihkan perhatian. Fokuskan pikiran Anda ke hal-hal lainnya dan sibukkan tangan Anda agar tidak terpaku pada tutup bolpoin. Mengisi waktu dengan menulis surat pendek, puisi, belajar menggambar tentu bisa menjadi solusi, dan juga memiliki manfaat yang jauh lebih baik daripada menggigit tutup bolpoin.

Menghadiahi Diri Sendiri

Hadiahi diri Anda sendiri saat Anda berhasil untuk tidak menggigit tutup bolpoin. Mulai dari satu hari, kemudian beranjak menjadi tiga hari, kemudian seminggu. Jika berhasil dalam seminggu tidak melakukan kebiasaan menggigit tutup bolpoin, hadiahi diri sendiri dengan hal yang menyenangkan, seperti pergi makan ke restoran favorit Anda atau bermain video game kesukaan Anda.

Salah satu cara lain yang efektif untuk mengurangi dan mengatasi kebiasaan buruk ini adalah dengan menggunakan bolpoin berkualitas, seperti Standard Pen. Keberadaan bolpoin yang bagus tentu akan membuat Anda menahan diri untuk tidak merusak bolpoin tersebut dengan menggigit-gigit tutupnya dan semakin berusaha untuk merawat bolpoin tersebut.

Baca Juga: Ketahui Kepribadian Diri Anda dari Jenis Tulisan Tangan

Ingin melihat artikel informatif dan edukatif lainnya dari Standardpen yang dapat membantu Anda? Klik di sini.

preloader