Cegah Rasa Lelah Saat Menulis dengan Cara Menarik Berikut!

Mana Lebih Baik: Mencatat Dengan Bolpoin atau Dengan Gadget?
03/09/2018
5 Tips Menyiapkan Diri Untuk Menghadapi Ujian
07/09/2018

Cegah Rasa Lelah Saat Menulis dengan Cara Menarik Berikut!

Menulis merupakan rutinitas sehari-hari yang dilakukan oleh manusia dimanapun dan kapanpun.

Karena rutin dilakukan, kegiatan menulis bisa saja suatu waktu dapat menimbulkan kelelahan pada tubuh Anda. Saat tubuh Anda mengalami kelelahan, produktivitas Anda tentunya akan menurun. Segala pekerjaan menulis yang Anda lakukan juga akan mengalami penurunan kualitas. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Maka dari itu, telah kami rangkum enam cara yang dapat dilakukan untuk mencegah rasa lelah pada saat menulis.

Menjaga Postur Tubuh Saat Menulis

Postur atau posisi tubuh dapat mempengaruhi kesehatan tubuh ketika menulis. Anda akan cepat merasa lelah apabila postur tubuh tidak baik. Tubuh yang membungkuk ketika menulis dapaat membuat tangan, bahu dan leher lebih cepat merasa pegal atau kelelahan. Apabila Anda berada pada sesi menulis yang lama, usahakan memvariasikan postur tubuh Anda.

Baca Juga: Mana Lebih Baik: Mencatat Dengan Bolpoin atau Dengan Gadget?

Anda bisa coba mencondongkan badan ke satu arah dan ke arah lain. Kemudian condongkan badan anda beberapa saat ke belakang. Cari posisi yang paling nyaman bagi badan Anda, namun jangan lupa untuk menjaga postur tubuh tetap tegak.

Melakukan Olahraga Tangan

Tidak ada salahnya ditengah-tengah kegiatan menulis anda sisipi dengan melakukan olahraga tangan. Anda bisa berolahraga sebentar dengan menggenggam bolpoin atau pensil, kemudian putar pada sela-sela jari. Selanjutnya lanjutkan olahraga dengan membuka dan menutup lengan anda.

Memberikan Pijatan pada Tangan

Terlalu lama menulis dapat memberikan rasa tidak nyamanpada otot-otot tangan dan jari. Jari dan lengan yang digunakan untuk menulis dalam kurun waktu yang cukup lama akan terasa kaku dan pegal. Hal ini dapat anda atasi dengan memberikan pijatan ringan untuk meredakan rasa pegal pada jari-jari dan tangan. Tekanan saat memijat di beberapa titik bermanfaat pula menghilangkan rasa stress.

Melakukan Peregangan atau Relaksasi

Melakukan peregangan atau relaksasi dapat membantu menyiapkan pergelangan tangan anda untuk melanjutkan rutinitas menulis. Anda bisa meregangkan lengan dengan cara memutar tangan 360 derajat seperti gerakan pemanasan senam. Anda juga bisa menggerakkan telapak tangan membuka dan menutup. Peregangan seperti ini akan membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh dan kepala Anda.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kebutuhan cairan dalam tubuh terdiri lebih dari 70%. Cairan ini bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi air putih secara teratur. Tubuh Anda memerlukan asupan air putih minimal dua liter per hari, atau setara dengan delapan gelas. Ketika Anda dihadapkan dengan pekerjaan yang membutuhkan waktu menulis paling banyak, maka jangan lupa untuk melebihkan asupan cairan yang akan Anda konsumsi. Ini dikarenakan menulis dapat membuat tangan kesemutan, nyeri atau kram. Masalah yang terjadi pada otot-otot tangan anda yang kram bisa disebabkan oleh dehidrasi.

Memilih Bolpoin yang Nyaman

Alat tulis seperti bolpoin menjadi barang yang wajib dimiliki sebagai alat untuk menulis. Tapi tahukah Anda? Bolpoin juga dapat menjadi sumber kelelahan tangan saat menulis. Solusinya adalah, Anda perlu memilih bolpoin yang nyaman untuk digunakan. Sebelum memakai atau membelii bolpoin, cobalah terlebih dahulu apakah bolpoin dapat dipakai dengan lancar.

Untuk kenyamanan dalam hal menulis, bolpoin Standard memberikan hal terbaik yang pasti tidak membuat anda cepat lelah. Dengan tinta yang berkualitas dan tidak gampang macet, dapat dipastikan bolpoin Standard dapat digunakan dengan lancar tanpa tersendat.

Baca Juga: Cara Efektif Memilih Alat Tulis yang Nyaman untuk Kebutuhan Menulis

Klik di sini untuk melihat artikel informatif lainnya dari Standard Pen!

preloader