Hal-Hal Ini dapat Membuat Anda Lebih Efisien Saat Mengarang

alat-yang-perlu-dibawa-saat-ujian-standardpen-indonesia
Alat-alat Tulis yang Wajib Dibawa Saat Ujian
17/09/2018
penemu-ballpoint-pen-pertama-john-loud-standard-pen
Temui John Loud, Pencipta Ballpoint Pen Pertama di Dunia
21/09/2018

Hal-Hal Ini dapat Membuat Anda Lebih Efisien Saat Mengarang

cara-mengarang-lebih-efisien-standardpen-indonesia

wMenulis merupakan salah satu hobi yang sangat digemari oleh banyak orang tak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia.

Bagi Anda yang memiliki passion di bidang tulis menulis, tentu harus memiliki keahlian menulis yang baik. Tapi sayangnya, ada berbagai permasalahan yang muncul ketika mengarang sehingga karangan tidak enak dibaca atau malas melanjutkan tulisan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka anda dapat melakukan beberapa hal berikut agar proses mengarang tulisan anda lebih efisien.

Mencari Inspirasi dari Pengalaman

Mengarang bisa dikategorikan menulis cerita fiksi. Karangan anda akan bagus jika bisa menulis cerita ke dalam tingkat yang baru dengan konsep yang jarang didengar orang banyak. Anda bisa mendapatkan inspirasi mengarang dari orang lain atau dari pengalaman diri sendiri. Pengalaman bisa menjadi sumber inspirasi baru untuk dikembangkan menggunakan bahasa sendiri. Terlebih lagi, dengan membuat karangan yang ditulis berdasarkan pengalaman sendiri, anda bisa dengan mudah menuangkan tulisan-tulisan sesuai dengan apa yang anda rasakan.

Memilih Topik yang Dikuasai

Ketika dihadapkan pada kegiatan mengarang bebas, topik menjadi hal dasar yang harus ditetapkan. Terlebih lagi jika anda mengarang untuk pertama kali, ada baiknya bagi anda untuk memilih topik yang anda gemari atau kuasai. Menulis sesuatu hal yang anda kuasai akan membuat anda menikmati proses mengarang. Hati akan tergerak untuk segera menyelesaikan tulisan dengan rasa senang karena mengarang hal yang disukai.

Baca Juga:Hobi Menggambar? Cegah Hal Ini Agar Gambarmu Lebih Keren!

Membuat Kerangka Karangan

Setelah menentukan topik, selanjutnya anda harus membuat kerangka karangan agar proses menulis menjadi lebih mudah. Pembuatan kerangka karangan merupakan bagian dari rencana untuk mengerjakan tulisan. Hal ini mencegah karangan anda pergi keluar topik terlalu jauh untuk mencegah ketidakfokusan topik. Menulis kerangka karangan dapat membantu anda mengingat apa saja yang ingin anda tuangkan secara lebih sistematis. Melalui kerangka karangan, anda juga bisa mengumpulkan data yang akan dikembangkan nantinya secara lebih efisien.

Perbanyak Membaca

Membaca dapat merupakan kebiasaan baik yang mulai ditinggalkan. Dalam hal mengarang, membaca merupakan hal yang sudah biasa dilakukan bagi penulis. Kebanyakan dari penulis yang mahir menghabiskan sebagian banyak waktu mereka sehari-hari dengan membaca. Hal tersebut perlu dilakukan bukan semata-mata karena kesenangan, tapi juga untuk mendapatkan inspirasi baru yang bisa memperindah karangan-karangan yang akan dituliskan.

Mengumpulkan Data

Seperti halnya pekerjaan lainnya, mengarang bukanlah hal yang mudah. Kegiatan ini memerlukan banyak waktu dan usaha demi riset untuk mengumpulkan suatu data. Misalkan, anda ingin mengarang tentang kehidupan suatu suku di Indonesia, maka anda harus mencari tahu mengenai suku tersebut lebih dalam. Atau ketika anda ingin mengarang sesuatu yang berlatar negara Jepang, maka anda harus tahu tentang negara dan tempat-tempat populer di negara tersebut. Dengan pengumpulan data atau riset terlebih dahulu, anda dapat mengarang dan membahas secara lebih rinci.

Dalam pembuatan kerangka karangan atau pengumpulan data, Standard siap mendukung segala keperluan menulis anda. Tersedia dalam berbagai macam warna kemasan, membuat mood anda lebih baik. Sehingga kegiatan mengarang Anda tentunya akan semakin lancar dan berwarna.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Tentang Bolpoin yang Tidak Pernah Anda Ketahui Sebelumnya

Ingin membaca artikel informatif dan edukatif lainnya dari Standardpen Indonesia? Klik di sini!

preloader