Ajari Anak Balita Membaca dengan Cara Efektif Berikut!

kreasi-sampul-buku-keren-standardpen-indonesia
Buat Kreasi Sampul Unik Biar Bukumu Semakin Kece, Yuk!
29/10/2018
jenis-penghapus-pensil-standardpen-indonesia
Jenis-Jenis Penghapus dan Cara Memilih yang Terbaik
06/11/2018

Ajari Anak Balita Membaca dengan Cara Efektif Berikut!

mengajar-anak-membaca-standardpen-indonesia

Mengajarkan anak membaca membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Anak-anak yang masih berusia balita biasanya masih suka bermain dan berlari kesana kemari.

Anak balita biasanya susah jika diajak untuk fokus seperti belajar membaca. Tetapi bukan tidak mungkin untuk mengajar balita untuk membaca karena ada cara gampang belajar membaca. Untuk membuat balita tertarik untuk belajar membaca harus telaten dan dilakukan dengan cara yang tidak kaku. Beberapa anak ada yang mudah menangkap ketika belajar, tetapi ada yang kurang dapat mengerti. Setiap anak adalah istimewa dan setiap anak dapat diajarkan untuk membaca sejak dini.

Mengajarkan balita agar dapat membaca sebenarnya tidak terlalu sulit asal memahami tips dan triknya. Intinya, saat menagajarkan balita untuk membaca harus selalu dengan cara-cara yang menyenangkan.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Untuk Melatih Kecepatan Menulis Tangan

Nah, bagaimana cara gampang belajar membaca untuk balita?

Menentukan Metode Untuk Mengajarkan Membaca.

Sebelum memulai mengajarkan membaca pada balita sebaiknya menentukan metode, cara atau teknik apa yang akan dipakai. Ada beberapa metode untuk mengajar balita membaca dengan kelebihan dan kekurangannya. Sesuaikan dengan kemampuan Anda dan karakter anak.

Memakai Media Sesuai Metode Yang Dipilih.

Setelah menentukan metode pengajaran yang akan dipakai untuk mengajarkan balita membaca maka Anda harus menyediakan media sesuai kebutuhan. Media paling mudah dan paling disukai oleh anak adalah dengan warna-warna yang mencolok. Misalnya metode mengajarkan satu kata dengan menuliskan kata berwarna di atas kertas putih. Daya visual usia anak balita memang menyukai warna-warna mencolok. Gunakan pensil warna Standard yang tersedia dalam berbagai warna menarik.

Mengajak Membaca Buku Cerita.

Mengajak balita membaca buku cerita yang disertai gambar-gambar menarik dan tulisan berwarna berukuran besar biasanya dapat membuat anak tertarik. Usahakan ketika Anda membaca sambil menunjukkan kata yang dibaca.

Mengajak Bercerita.

Balita yang sering diajak bercerita umumnya memiliki kosa kata lebih banyak. Ajak balita Anda untuk bercerita dan menceritakan kegiatan sehari-hari atau imajinasinya. Hal ini dapat merangsang anak untuk terus menambah kosa katanya dan mengembangkan kreatifitas anak.

Lakukan Dengan Santai Dan Menyenangkan.

Mengajarkan balita untuk membaca sebaiknya dilakukan dengan santai dan menyenangkan. Anak-anak akan lebih menyerap apa yang dipelajarinya saat pikiran mereka sedang dalam keadaan rileks.

Lakukan Secara Rutin.

Apabila Anda mengajarkan sesuatu kepada balita seperti belajar membaca sebaiknya dilakukan secara rutin atau setiap hari. Tidak perlu terlalu lama pada saat mengajarkan membaca. Cukup 15 menit hingga setengah jam atau disesuaikan dengan kondisi anak.

Baca Juga: Meningkatkan Kemampuan Menulis Tangan – Bagian 2

Anak usia balita memiliki kemampuan menyerap yang super. Tidak ada salahnya untuk mengajarkan balita membaca di usia ini. Lakukan cara gampang belajar membaca yang paling sesuai dengan kondisi anak dan pengetahuan Anda. Setelah itu, bisa diajarkan bagaimana cara menulis yang baik, bisa dengan alat tulis dari Standard.

Ingin membaca artikel informatif lainnya dari Standardpen Indonesia? Klik di sini!

preloader